Pasang Banner Pasang Banner Pasang Banner Pasang Banner Pasang Banner

Tuesday, July 26, 2011

Tips Sukses Menghadapi Sidang

Semua ujian semester sudah kita lalui, tinggal selangkah lagi untuk menentukan kelulusan. Kerja keras lebih dari 3 tahun akan diuji oleh dosen di hari keramat ini. Biar makin tenang menghadapi pertanyaan penguji yang kadang diluar dugaan, berikut ini Tips sukses menghadapi sidang:

1. Pelajari Materi Sidang. Pelajari mata kuliah yang berhubungan dengan Tugas Akhir. Pertanyaan dari penguji pasti tidak jauh-jauh dari Tugas Akhir kita. Selama tenang, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dari mereka
2. Pertahankan Argumentasi. Cobalah untuk mempertahankan argumentasi, karena dosen bisa melihat apakah Anda benar-benar melakukan penelitian atau tidak. Tapi jangan sampai bersikap defensif. Karena hal tersebut bisa membuat suasana sidang menjadi ‘panas’ karena perdebatan. Ada kalanya Anda menerima pendapat mereka sebagai masukan Tugas Akhir Anda.
4. Sportif. Sikap sportif tidak hanya ada pada kamus olahraga, pada sidang Tugas Akhir pun Anda harus dapat bersikap sportif. Kalau Anda tidak bisa menjawab, jujur saja Anda sampaikan bahwa Anda memang tidak tahu. Yang penting tetap tenang, karena sekalinya Anda tegang dan grogi, Anda bisa blank di depan para dosen penguji.
5. Cairkan Suasana. Tanya senior Anda tentang karakteristik dosen penguji yang terlibat dalam Tugas Akhir Anda.
5. Berdoa Sebelum Sidang di mulai. dan awali sesuatu dengan mengucapkan  Bismillahirrohmanirrohim

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More