Pasang Banner Pasang Banner Pasang Banner Pasang Banner Pasang Banner

Saturday, October 23, 2010

7 HAL YANG HARUS DIHINDARI

Tanpa disadari rutinitas sehari-hari mempengaruhi fungsi otak. Beberapa siswa terlihat enerjik disekolah dibanding dengan siswa yang lain. Ada kebiasaan yang menyebabkan perbedaan tingkah laku dan cara berfikir. Otak dapat berfungsi dengan baik untuk berfikir dan mengingat jika beberapa kebiasaan /pola hidup yang menyebabkan terganggunya fungsi otak dihindari. Berikut ini 7 hal yang harus dihindari sebelum kesekolah atau berangkat beraktifitas dikantor.





1. Tidak sarapan pagi.
Mereka yang memulai aktifitas dengan tidak sarapan pagi memiliki kadar gula yang rendah yang menyebabkan berkurangnya suplai nutrisi ke otak.
2. Terlalu banyak makan.
Demikian pula bila terlalu banyak makan, apalagi makanan yang berlemak, dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibat penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Hal ini akan menurunkan fungsi otak.
3. Mengkonsumsi gula terlalu banyak.
Konsumsi gula yang terlalu banyak diaktifitas pagi hari akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi sehingga terjadi ketidak seimbangan gizi yang mengganggu kerja otak.
4. Bangun kesiangan.
Aktifitas bangun pagi sebelum subuh ternyata memberikan oksigen yang cukup bagi otak yang mengkonsumsi oksigen terbesar. Udara pagi hari yang segar akan menjernihkan fikiran.
5. Tidak menstimulasi otak.
Biasakan untuk membaca berita koran, menonton berita TV / belajar dipagi hari untuk melatih otak yang dalam keadaan segar untuk berfikir.
6. Tidak berkomunikasi dengan keluarga.
Selain untuk menghangatkan suasana, komunikasi juga salah satu sarana untuk memacu kemampuan kerja otak. Jarang berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak menjadi kurang terlatih.
7. Kurang tidur.
Otak perlu istirahat yang cukup. Untuk itu jangan tidur terlalu larut malam bila anda harus memulai aktivitas berangkat bekerja pagi hari. Bangun sebelum subuh sangat baik bila anda sudah cukup tidur pada malam harinya.
Silahkan menambahkan tips lainnya. Semoga hari-hari anda akan menjadi menyenangkan.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More